Bali Tuan Rumah World Water Forum ke 10

Klungkung-ppid.klungkungkab.go.id World Water Forum merupakan forum internasional terbesar di sektor air yang melibatkan berbagai platform multi-stakeholder, ditujukan untuk kemajuan dan resolusi kunci masalah air yang membutuhkan keterlibatan pemerintah, akademisi, peneliti, teknisi, advokasi dan pemangku kepentingan lainnya. Forum ini diadakan setiap tiga tahun sekali dan telah berlangsung sejak tahun 1997. Indonesia menjadi negara ke 10 sebagai tuan rumah penyelenggara.

Secara filosofis, angka 10 dipandang sebagai representasi kesempurnaan. Angka 10 diintepretasikan sebagai angka sempurna yang melambangkan kesempurnaan melalui kerja sama. Angka 1 melambangkan kekuatan dan pengaruh individu, sementara angka 0 melambangkan persatuan dan harmoni.

Kredibilitas World Water Forum sangat tergantung pada keterlibatan berbagai macam pemangku kepentingan dari seluruh dunia tanpa diskriminasi dan dengan kebebasan berekspresi dan berpendapat. World Water Forum memfasilitasi dan mempromosikan diskusi dan debat multi segi yang terbuka untuk semua pemangku kepentingan dalam membangun kesadaran yang lebih luas mengenai masalah pengelolaan air dan mengambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Kebutuhan terhadap air tidak tergantikan oleh apapun, terlihat dari seluruh aktivitas mahluk hidup yang tidak lepas dari penggunaan air. Betapa fungsi air sangat penting dalam membentuk kehidupan dan penghidupan. Eksistensi air sangat vital, hal ini menunjukkan bahwa akses mendapatkan air merupakan hal fundamental dalam pemenuhan hak asasi manusia.

Dalam World Water Forum ke-10, Republik Indonesia bersama dengan World Water Council mengusung tema besar “Water for Shared Prosperity”. Tema ini untuk menjawab tantangan dan potensi global yang kita hadapi seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan urbanisasi. Pertumbuhan penduduk dan laju pembangunan mengakibatkan perubahan kondisi alam dan lingkungan yang mempengaruhi sumber daya air. Perubahan tersebut harus dibarengi dengan upaya pelestarian dengan menjaga keberadaan dan kelestarian kondisi, kehijauan, sifat dan fungsi sumber daya air agar selalu tersedia dalam jumlah dan kualitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik saat ini maupun di masa mendatang.

Sumber : Materi Promosi WWF2024

Tinggalkan komentar